Cara Memperbanyak Bibit Strawberry

Tips sederhana memperbanyak bibit tanaman strawberry dan cara membuat pupuk NPK organik dengan bahan limbah rumah tangga. Bagaimana cara memperbanyak bibit strawberry silahkan lihat video di atas.

Tulisan kali ini khusus menjelaskan bagian lanjutan tentang pemanfaatan cangkang telur, ampas kopi dan kulit pisang sebagai pupuk.

Berikut ini beberapa manfaat dari cangkang telur dilansir dari laman Kompas.com:

  1. Pupuk. Cangkang kulit telur untuk mencegah pembusuhkan ujung bunga pada tanaman tomat, paprika, hingga terong.
  2. Mencegah Hama. Siput dan beberapa jenis cacing merupakan hama yang dapat menyebabkan kerusakan serius pada tanaman. Sebarkan cangkang telur yang hancur di sekitar tanaman. Tepi cangkang telur yang bergerigi akan berpengaruh pada tubuh lunak hama jika mereka mencoba melewatinya untuk mendekati tanaman.
  3. Tidak Disukai Kucing. Kucing kerap kali buang air besar di pot tanaman. Untuk mencegahnya, cobalah menaburkan cangkang kulit telur pada tanaman pada area yang sering didatangi kucing.
  4. Sebagai Kompos. Kulit telur sangat baik untuk pengomposan. Selain karena mudah dipecahkan, cangkang kulit telur juga bisa menambahkan dosis kalsium yang baik untuk tanaman dan menjaga pH yang pas.
Manfaat ampas kopi:

  1. Penambah Nitrogen. Membuat kompos dari ampas kopi adalah cara yang baik untuk memanfaatkan sesuatu yang pada akhirnya akan berakhir di tempat sampah. Penggunaan ampas kopi membantu menambahkan nitrogen ke tumpukan kompos Anda.
  2. Menjaga pH. Banyak orang merasa bahwa bubuk kopi menurunkan pH atau menaikkan tingkat keasaman tanah, yang baik untuk tanaman yang menyukai asam. Tapi ini hanya berlaku untuk ampas kopi yang tidak dicuci. Bubuk kopi segar bersifat asam, sementara ampas kopi bersifat netral. Jika Anda membilas ampas kopi, pH-nya akan mendekati netral 6,5 dan tidak akan memengaruhi tingkat keasaman tanah. Untuk menggunakan ampas kopi sebagai pupuk, tuangkan ampas kopi ke dalam tanah di sekitar tanaman. Kopi encer yang tersisa juga bekerja dengan baik seperti ini.
  3. Pengusir Hama. Banyak orang menggunakan ampas kopi sebagai mulsa untuk tanaman. Beberapa juga menggunakan ampas kopi sebagai pengusir siput pada tanaman. Teorinya, kafein yang terkandung dalam ampas kopi berdampak negatif pada siput, sehingga siput menghindari tanah yang ditaburi ampas kopi. Beberapa orang juga mengklaim bahwa bubuk kopi di tanah adalah pengusir kucing dan akan mencegah kucing menggunakan pot tanaman bunga dan sayuran sebagai kotak kotoran. Anda juga dapat menggunakan ampas kopi sebagai makanan cacing jika Anda melakukan vermikompos dengan wadah cacing. Pasalnya, cacing sangat menyukai ampas kopi.
Manfaat kulit pisang:

  1. Kaya Nutrisi. Di dalam kulit pisang terkandung berbagai nutrisi, termasuk kalium dan fosfor. Keduanya merupakan nutrisi penting yang ada di dalam pupuk. Kulit pisang akan kehilangan nutrisinya, jika kulit pisang dikeringkan karena sebagain besar nutrisi yang terkandung di dalamnya akan hilang dan kandungannya lebih rendah daripada pupuk biasa. Untuk itu, hindari mengeringkan kulit pisang untuk dijadikan sebuah pupuk.
  2. Mengandung Kalium. Kalium memperkuat batang tanaman dan juga melawan penyakit. Bahkan dengan menggunakan kulit pisang, bunga dan buah-buahan akan lebih subur dan enak.
  3. Tahan Kekeringan. Potasium yang terkandung dalam kulit pisang membuat tanaman tahan terhadap kekeringan. Selain itu, kulit pisang bisa meningkatkan kandungan protein pada tanaman. Kalium tersebut bisa membantu tanaman tumbuh untuk berbuah dan berbunga.
  4. Serotonin Zat Penghilang Stress. Perlu diketahui bintik hitam pada kulit pisang menjadi tanda keberadaan kandungan Serotonin. Semakin banyak bintik hitam maka makin banyak pula kandungan serotonin di dalamnya. Serotonin ini bagi kesehatan tubuh manusia bermanfaat untuk menekan tingkat depresi atau kadar stres. Sedangkan pada tumbuhan zat ini sangat dibutuhkan untuk pembibitan atau pun pemindahan/penggantian media tanam. Tidak hanya manusia, tumbuhan juga dapat mengalami stres terutama saat terjadi perubahan lingkungan di sekitarnya.

Hifhzil
Husband, (formerly) Coffee Lover, Progressive Rock, A loving husband [?]. Married to a (currently) honorary angel in a regency in South Sumatra. Spoiled in his wife's arms and likes to follow his wife from the kitchen to other activities.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter