Si "Ulat Bulu" Merah Kaya Manfaat Obat




Achalypha Chamaedrifolia, di Indonesia lebih dikenal dengan bunga Ulat Bulu, Ekor Kucing atau Ekor Rubah.

Tanaman ini memiliki bunga yang dikeluarkan oleh ketiak daun seperti ekor kucing. Warna tanaman ini merah, sama seperti darah. Karena bentuknya yang unik, bunga ini sering dijadikan sebagai tanaman hias yang ditanam di pekarangan rumah.

Bagian tanaman ekor kucing yang bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan ialah bagian daun dan bunganya. Karena terdapat beberapa kandungan yang baik di dalamnya.

Adapun manfaat bunga diantaranya adalah mengatasi penyakit disentri, mengobati radang usus, mengatasi mual, muntah, mimisan, mengatasi buang air besar yang berdarah serta pendarahan. Bunganya juga bermanfaat untuk mengobati luka bakar, casingan, serta tukak atau ulkus pada kaki.

Sedangkan manfaat daunnya yaitu untuk mengatasi bercak putih di kulit, akibat kulit kehilangan pigmentasi, luka, vitiligo, disentri, batuk berdarah, dan sariawan.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat tanaman ekor kucing beserta cara pengolahannya,

1. Untuk Mengobati Cacingan

Untuk mengatasi cacingan pada anak, Anda bisa memanfaatkan bunga ekor kucing. Biasanya, gejala anak cacingan yaitu memiliki badan kurus meskipun makannya cukup banyak.

Cara mengolah pengobatannya, yaitu dengan merebus 15 gr bunga ekor kucing dengan air bersih secukupnya. Lalu, dinginkan air rebus tersebut dan saring. Kemudian, Anda bisa langsung mengkonsumsi air rebusan ekor kucing.

2. Menyembuhkan Radang Usus

Bunga ekor kucing bermanfaat untuk mengatasi radang usus, caranya dengan menyiapkan bunga ekor kucing sebanyak 30 gram, cuci bersih, lalu rebus menggunakan air secukupnya hingga mendidih.

3. Mengatasi Disentri

Untuk mengatasi disentri secara alami, yaitu dengan memanfaatkan bunga ekor kucing sebanyak 10-30 gram, cuci bersih bunga, lalu rebus sampai mendidih. Tunggu hingga airnya dingin, setelah itu saring. Terakhir, Anda bisa langsung mengkonsumsi air rebusan tersebut.

4. Mengobati Luka Berdarah

Luka berdarah bisa diobati menggunakan daun tanaman ekor kucing. Caranya dengan mencuci segenggam daun tanaman tersebut lalu tumbuk hingga halus. Oleskan tumbukan tersebut pada luka, lalu balut menggunakan kain perban.

5. Mengatasi Vitiligo

Untuk mengatasi vitiligo, Anda bisa menyiapkan segenggam daun tanaman ekor kucing, serta kencur berukuran setengah ibu jari. Cuci bahan tersebut sampai bersih, lalu giling hingga halus. Oleskan hasil gilingan tersebut pada kulit yang terkena bercak putih, lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Mengatasi Muntah Darah

Untuk mengatasi muntah darah, Anda bisa menyiapkan bunga ekor kucing, kunyah dengan pinang putih, kencur, jahe serta daun pulai muda. Lakukan hal tersebut setiap hari. Cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu melumatkan bunga ekor kucing dan gula merah, setelah itu dikonsumsi setiap hari.

***

Sumber:

Hifhzil
Husband, (formerly) Coffee Lover, Progressive Rock, A loving husband [?]. Married to a (currently) honorary angel in a regency in South Sumatra. Spoiled in his wife's arms and likes to follow his wife from the kitchen to other activities.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter