Contoh Template DMCA – Pengaduan Pelanggaran Hak Cipta

DMCA Copyright

Bagaimana seharusnya reaksi Anda jika mendapati konten blog dijiplak dan diterbitkan secara ilegal di situs lain tanpa izin atau atribusi? Betul langkah pertama adalah dengan mengirim email teguran sopan kepada pemilik situs pembajak. Tentu jika masih dalam tahap wajar dan baru permulaan.

Namun, jika pemilik website tidak menanggapi itikad baik kita dan atau terjadi kegagalan untuk menanggapi email teguran maka Anda dapat meminta penghapusan konten secara sepihak dari mesin pencari – dalam hal ini Google – atau juga dengan memberikan permintaan/perintah kepada perusahaan hosting tempat web penjiplak berada. Kedua cara tersebut membutuhkan surat formal DMCA dalam format baku yang sudah ditetapkan.

Sementara web perusahaan hosting dan Google akan segera memenuhi permintaan, mereka juga akan meminta untuk mengirim DMCA Notice of Copyright Infringement (Pemberitahuan DMCA Perihal Pelanggaran Hak Cipta) dalam format yang tepat dengan semua rincian dan bukti yang diperlukan bukti.

Berikut ini sebuah contoh format baku template pengaduan Pelanggaran Hak Cipta DMCA dari blog www.asli.com milik Andi Kurniawan atas pelanggaran hak cipta oleh web www.copypaste.com (harap tulis dalam format bahasa Inggris dan tulisan bercetak tebal ganti sesuai keperluan anda).

Subject: Notice of Copyright Infringement

The copyrighted work at issue is the text that appears on www.asli.com/page1.html and www.asli.com/page2.html

The URLs where our copyrighted material is located include www.copypaste.com/abc.html and www.copypaste.com/abc2.html

You can reach me at emailsaya@asli.com for further information or clarification. My phone number is +62-202-393-3984 and my mailing address is Andi Kurniawan, 54, Bukit Sangkal – Kalidoni, Palembang 30114 Indonesia.

The email address of the website owner, who has reprinted our content illegally, is maling@copypaste.com.

I have a good faith belief that use of the copyrighted materials described above as allegedly infringing is not authorized by the copyright owner, its agent, or the law.

I swear, under penalty of perjury, that the information in the notification is accurate and that I am the copyright owner or am authorized to act on behalf of the owner of an exclusive right that is allegedly infringed.

Andri Kurniawan

May 17, 2012 [17:10]

Jika seluruh persyaratan dan keperluan DMCA sudah terpenuhi maka perusahaan hosting akan segera menghapus atau meminta pelanggaran bersangkutan menghilangkan konten yang dibajak.

Sebagai catatan: sementara perusahaan hosting akan merespon langsung permintaan kita melalui email, Google (Blogger dan Adsense) mengharuskan pengiriman perihal pelanggaran hak cipta (dokumen DMCA) melalui email lalu dikirimkan dengan membubuhkan tanda tangan anda.

Sebagai solusi, untuk menambahkan tanda tangan anda cukup ambil gambar (dengan kamera ponsel atau kamera lain) kemudian tempelkan pada program pengolah kata seperti MS Word dan Open Office lalu cetak (buat hard-copy). Setelah itu silahkan kirim menggunakan fax ke Google DMCA Department melalui Skype atau email.

Hifhzil
Husband, (formerly) Coffee Lover, Progressive Rock, A loving husband [?]. Married to a (currently) honorary angel in a regency in South Sumatra. Spoiled in his wife's arms and likes to follow his wife from the kitchen to other activities.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter