Berbagi Atau Mati


Bisa bagi seekor ular adalah berkah. Karena dengannya dia bisa menjalankan kehidupan (memperoleh mangsa). Tapi sebaliknya bisa bagi manusia adalah kematian.

Kehidupan bagi yang satu adalah kematian bagi yang lain. Semua makhluk pasti hidup dalam ketergantungan, tapi terkadang ada saja yang sulit untuk diajak berubah dan bekerjasama dalam kebaikan. Itu pun tak bisa dipaksakan berbagai konsep kebaikan yang kita tawarkan.

Namun, kita punya prinsip berbagi yang harus kita jaga. Tak mungkin semua beban kita pikul sendiri-sendiri karena hidup berdampingan bukanlah mencari persamaan. Jika yang kita cari persamaan maka yang akan kita dapati adalah ketidaksempurnaan (perbedaan). Jika yang kita cari perbedaan maka yang kita dapati adalah pribadi yang mulai berbenah diri. Berdampingan adalah saling menutupi kekurangan.

Bila mana ia tak juga menemukan jalan yang bisa membuatnya bertindak maka biarlah Tuhan yang akan memberi petunjuk. Biarlah hati kita ridha dalam bimbingan-Nya, karena dalam pahitnya obat pasti tersimpan manfaat.

Inilah madrasah (sekolah) kehidupan. Tak perlu logika dan rasa, tak perlu dimengerti, cukuplah kejujuran hati. Berbagi atau mati.

Hifhzil
Husband, (formerly) Coffee Lover, Progressive Rock, A loving husband [?]. Married to a (currently) honorary angel in a regency in South Sumatra. Spoiled in his wife's arms and likes to follow his wife from the kitchen to other activities.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter