Daftar Blog Kaya Ide Inspiratif

Post a Comment
Menulis adalah hal yang mebutuhkan usaha, keberanian dan ketekunan. Butuh banyak ide dan referensi. Namun, kendala yang paling umum dihadapi untuk mulai menulis adalah mendapatkan ide yang inspiratif.

Pun halnya saya yang jatuh bangun menjadikan blog sebagai wahana menulis dan bisnis mengalami kendala yang sama. Semua orang pasti pernah mengalami kegagalan. Bahkan yang lebih fatal ada juga yang gagal sebelum mencoba. Niat dan usaha kita pada akhirnya harus terhenti, entah karena minim ide atau memang karena takut mencoba tadi. Agar tidak berhenti ada baiknya kita berbagi ide dan inspirasi.

Perlunya Blog Inspiratif

Baiklah tanpa bermaksud mengalihkan topik disini akan saya jelaskan terlebih dahulu apa yang akan saya bagi. Hal yang saya bagi ini bukan backlink, jalan pintas menjadi sukses atau cara instan lainnya. Saya ingin membagikan daftar blog kaya ide dan inspiratif pada akhir tulisan ini.

Daftar blog yang saya bagi ini saya peroleh dari web Indonesia Matters. Web ini membuat peringkat situs atau blog berdasarkan kriteria Google Pagerank, RSS Subscriber, Yahoo Backlink, Twitter Back Tweets, Alexa Rank, dan sebagainya.

Peringkat ini memang diperhitungkan secara statistik/kuantitatif (nilai angka) dan bukan kualitatif (nilai mutu). Bukan tidak mungkin peringkat yang diperoleh tidak didasarkan pada kualitas konten (tulisan) bisa jadi karena hal lain. Bisa saja kontennya biasa-biasa saja tapi tampilan dan daya interaktifnya lebih berkenan bagi pengunjung seperti navigasi halaman, fitur yang canggih dan trendi, dan sebagainya.

Anda tidak harus memulai setelah menjadi ahli dalam menulis atau berpengalaman dalam merancang tampilan blog. Tidak harus menjadi salah satu atau keduanya. Seperti yang saya paparkan diawal tulisan ini yang kita perlukan selain keberanian, usaha dan ketekunan yaitu ide yang inspiratif.

Dengan hadirnya daftar blog yang akan saya berikan ini harapannya kita bisa mempelajari karakter masing-masing blog. Mempelajari bagaimana blog-blog tersebut menjadi begitu menarik bagi pengunjung. Tapi sebagai catatan pribadi apapun blognya 5 kunci utama membuat blog ramai dikunjungi adalah konten yang berkualitas, mudah diakses pengunjung, menarik dan kaya fitur, interaktif, dan inspiratif.

Sebelum saya akhiri tulisan ini dan langsung saya berikan daftar Top 100 Blog Indonesia ada beberapa hal penting yang perlu anda ingat:
  • Peringkat blog yang saya dapatkan terakhir kali diperbarui pada tahun 2010, jadi maaf jika hasilnya sudah ketinggalan zaman. Yang penting dari sini adalah ide dan inspirasi bagi anda.
  • Peringkat blog suatu waktu dapat berubah karena sudah lama tidak di-update oleh pemiliknya atau karena permasalahan teknis.
  • Blog yang mengalami penurunan peringkat pada waktu selanjutnya tidak berarti blog itu tidak berkualitas. 
  • Daftar yang saya kabarkan untuk bersama ini adalah blog berbahasa Indonesia.
  • Jika anda mencari blog penulis lokal berbahasa Inggris anda tinggal menggantinya menjadi “Blog in English” yang tertera pada menu laman Indonesia Matters.
  • Penasaran pada perkembangan salah satu blog? Pada tiap-tiap kolom “Site” terdapat link “widget & history” untuk mengetahui riwayat peringkat blog dari awal terindeks hingga update terakhir tahun 2010.

Sekian dulu dari saya. Semoga memberikan ide inspiratif bagi anda dalam menulis dan bisnis. – HA
Hifhzil
Husband, (formerly) Coffee Lover, Progressive Rock, A loving husband [?]. Married to a (currently) honorary angel in a regency in South Sumatra. Spoiled in his wife's arms and likes to follow his wife from the kitchen to other activities.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter