3 Jenis Bisnis Internet Khusus Pemula

Post a Comment
Bingung menentukan jenis bisnis yang cocok melalui internet? Khusus pemula yang ingin terjun dalam dunia enterpreneur sering kali dihadapkan pada berbagai macam pilihan. Begitu banyak ide yang berseliweran dalam pikiran hingga ragu untuk memilih bidang apa yang cocok untuk ditekuni agar mendapatkan tambahan penghasilan dari internet.

Jangankan untuk sektor formal, calon pegiat usaha sektor informal saja masih lebih banyak yang belum berani mengambil resiko kegagalan. Sebut saja sektor usaha di dunia maya, meski tingkat resikonya lebih minim tetap saja banyak keragu-raguan yang muncul membentang. Mengapa demikian?
Penyebabnya adalah sering kita temukan calon pengusaha kita masih berpikir menemukan cara instan menjadi kaya. Karena hal ini juga orang lebih mempertimbangkan resiko ketimbang memperhitungkan peluang yang ada. Padahal, sekecil apa pun usaha yang kita lakukan pasti ada resikonya.

Pun halnya di dunia maya kita harus melihat prospek terlebih dahulu baru kemudian sembari berjalan kita bisa mengkalkulasi impact (dampak).Toh resiko yang diperoleh tidak harus membuat kita sampai menggadaikan sertifikat rumah. Lain halnya jika bisnis yang ditekuni adalah sejenis trading emas dan mata uang asing atau mungkin usaha penipuan berkedok berjuta impian. Sudah tentu resikonya tidak sekadar bangkrut tapi juga hukum pidana jika berlaku curang, jadi jangan pernah untuk sukses dengan cara instan. Semua usaha butuh modal, pengorbanan dan ketekunan.

Baik, anggap saja kita sudah memiliki pemikiran yang sama untuk menekuni dunia bisnis internet. Sekarang berbagai pilihan dan peluang untuk memulai bisnis di internet sudah terbuka lebar. Jika kita masih bingung bidang apa yang cocok maka saya akan mencoba mempersempit pilihan anda sebagai pemula dalam bisnis internet. Ada 3 (tiga) jenis bisnis internet yang menurut saya sangat cocok untuk pemula. 3 jenis bisnis itu yaitu blogging, bisnis afiliasi dan toko online.

Blogging

Bagi anda yang suka menulis, berbagi cerita, memberi tips dan trik maka menuangkannya dalam media blog adalah salah satu bidang yang tepat. Dalam blogging kita tidak harus punya pengalaman dan skill yang memadai dalam menulis. Anda cukup menulis dengan gaya sendiri dalam bernarasi asalkan yang anda suguhkan kepada khalayak diracik sesederhana mungkin dan mudah dicerna pikiran.

Menulis dalam blog tidak harus dengan hal yang berat-berat dan berkelas. Pembaca justru lebih menyukai konten yang sederhana dan mudah diingat. Bahkan yang humoris, melankolis dan inspiratif lebih diminati. Kemampuan naratif dan deskriptif seseorang lebih berpengaruh terhadap rasa penasaran dan minat pembaca.

Jika anda mampu bercerita dengan lugas dan menggambarkan imajinasi anda dalam kata-kata makan dengan sendirinya akan diperhitungkan banyak orang. Seorang blogger tidak harus jago dalam dunia IT (teknologi informasi) karena pengalaman dalam bernarasi lebih dibutuhkan dari hal lain. Karakteristik pembaca secara umum ingin merasa terhibur dan memperoleh wawasan baru. Tipe blogger yang mampu menyuguhkan hal seperti ini lebih dilirik para sponsor/perusahaan yang ingin produk barang dan jasa mereka diberikan review (ulasan).

Anda yang suka tantangan, bercerita tentang pengalaman hidup dan suka berwisata mungkin suatu saat akan memperoleh tawaran dari pengelola lokasi pariwisata dan perhotelan untuk melukiskan keindahan lokasi wisata dan kemewahan fasilitasnya melalui tulisan dan gambar di blog anda. Khusus bagi anda yang suka mencaoba hal-hal baru bisa jadi suatu saat menerima orderan untuk memberikan ulasan bagi sebuah produk gadget atau ala-alat kecantikan.

Mungkin juga anda yang suka berbagi tips dan trik yang belum banyak diketahui orang banyak bisa juga mencari penghasilan melalui penyediaan space iklan di blog anda. Jika anda lebih tekun dan bersabar cepat atau lambat blog anda akan ramai pengunjung, anda bisa menjadi publisher iklan Google Adsense. Seperti apa itu publisher iklan? Anda tidak akan sulit menemukan informasi terkati di internet.

Tapi, sebagai catatan penting bagi anda adalah harus memperoleh banyak kunjungan dari pengguna internet. Bagaimana caranya yaitu tetap tekun menulis secara rutin dan berbagi informasi yang dibutuhkan dari blog anda kepada calon pembaca. Media yang bisa digunakan untuk berbagi link blog anda ada dua pilihan, melalui social media (facebook, twitter, google plus, dsb.) atau melalui social messenger (bbm, whatsapp, line, dsb.)

Bisnis Afiliasi

Seperti blogging bisnis yang satu ini juga memerlukan ketekunan dalam menulis dan berbagi informasi. Bisnis afiliasi adalah bisnis memasarkan produk barang dan jasa dengan mengajak orang untuk menjadi member (anggota).

Bisnis afiliasi beberapa dianataranya ada yang mewajibkan membernya membeli atau menjual produk seperti multi-level marketing contohnya Oriflame. Ada juga yang cukup bermodalkan koneksi internet lalu mendaftarkan diri anda dan menyebarkan link referral secara gratis tanpa uang sepeser pun. Dari hasil penjualan dan referral ini para member afiliasi akan mendapatkan komisi.

Dalam bisnis referral seseorang dituntut untuk rajin mempromosikan produk kepada calon konsumen. Media yang digunakan selain social media dan social messenger juga bisa melalui blog, video call, dan email. Selayakknya pedagang anda harus bisa meyakinkan calon konsumen tentang keunggulan dan daya saing harga produk anda. Jadi selain tulisan anda juga membutuhkan kecakapan komunikasi verbal.

Seperti halnya blog ada banyak program afiliasi yang cukup dipasarkan lewat blog seperti program afiliasi di situs amazon dan clickbank. Setelah anda bergabung anda akan mendapatkan sejumlah produk yang bisa anda pasarkan beserta link referral untuk blog anda. Syukur-syukur jika pengunjung blog anda berjibun dan ada beberapa diantaranya yang berminat, lalu meng-klik tautan referral yang membawa mereka pada laman produk di situs amazon atau clickbank. Selain kedua situs ini masih ada banyak lagi situs jual-beli yang menawarkan program-program afiliasi.

Toko Online

Bagi anda yang sudah memiliki modal dan produk yang ingin dipasarkan tapi anda bingung cara efektif untuk mempromosikannya maka bisa dicoba dengan membuat sebuah toko online. Banyak sekali panduan yang tersebar di penjuru dunia maya yang akan membantu anda membangun sebuah lapak online. Jika anda tidak ingin rumit dengan desain dan setumpuk kode pemrograman bisa juga menggunakan fasilitas social media, social messenger dan situs-situs forum seperti Kaskus yang menyediakan forum khusus jual-beli (baca, FJB).

Anda tidak punya produk? Anda juga bisa menjual produk orang lain sebagai reseller. Silahkan anda coba memadukan jumlah produk yang minim dengan menambahkan produk-produk sejenis dari program afiliasi. Biasanya program afiliasi juga menyediakan produk yang umumnya dijajakan di lapak-lapak online seperti produk kecantikan, fashion, gadget dan berbagai produk kesehatan. Jangan heran jika banyak orang yang sukses membuka toko online tanpa harus memiliki produk sendiri. Mereka bahkan menjual produk orang/perusahaan lain.

Seandainya benar-benar berniat memiliki situs toko online ada banyak CMS (Content Management System) pembuat toko online yang tersedia gratis di internet misalnya CMS Wordpress, PrestaShop, ZenChart, dan sejenisnya. Cukup beberapa kali klik anda sudah bisa memiliki toko online sendiri tanpa harus paham kode-kode web design. Ada pun keunggulan dari CMS ini yaitu tersedianya fitur-fitur pembayaran online dan offline. Selain itu anda dan konsumen juga bisa menerima pemberitahuan transaksi lewat email dan sms. Dengan memiliki CMS toko online dan beragam fiturnya anda tidak perlu repot 24 jam menghabiskan waktu di depan komputer. Masih banyak keunggulan lain dari CMS yang tidak bisa saya paparkan satu per satu.

Sebagai catatan penting bagi anda yang ingin menekuni bisnis toko online anda harus tekun update toko produk dan promo toko online anda. Tidak hanya memperoleh pengunjung dari mesin pencari dari Google, Bing, AOL, dan sejenisnya anda juga wajib menyebarkan link toko online anda menggunakan fasilitas social media dan social messenger dengan tujuan agar toko online anda diketahui banyak orang.

***

Bagaimana? Semoga kita sama-sama mendapatkan sedikit pencarahan dan bermanfaat. Jika anda masih merasa bingung dengan penjelasan saya tersebut silahkan anda hubungi saya untuk berdiskusi lebih lanjut. Temukan juga berbagai referensi sejenisnya dari para pakar bisnis internet atau dari buku-buku bisnis internet yang sudah banyak diterbitkan di toko buku terdekat anda. Selamat mencoba. - HA
Hifhzil
Husband, (formerly) Coffee Lover, Progressive Rock, A loving husband [?]. Married to a (currently) honorary angel in a regency in South Sumatra. Spoiled in his wife's arms and likes to follow his wife from the kitchen to other activities.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter